4 Standar Sepatu Running yang Tepat dan Layak Dipilih

Selektif dalam memilih sepatu running atau sepatu olahraga tentunya menjadi tindakan yang tepat, sebab kalau salah memilih. Maka kemungkinan mengalami cedera selama menikmati olahraga lari akan semakin besar bahkan tidak tertutup kemungkinan akibatnya cukup fatal. Anda yang gemar berolahraga lari tentu tidak menghendaki kejadian tersebut dialami, maka pakai alas kaki yang benar-benar mendukung olahraga tersebut. Apalagi lari yang terlihat sepele dan mudah nyatanya membuat kaki harus ekstra diperhatikan.

Sepatu Running

Berlari membuat kaki menahan bobot lebih besar dari bobot asli Anda yang menikmatinya, maka kalau alas kakinya salah dijamin kaki kram. Lebih-lebih kalau sebelum berlari terlupa untuk melakukan pemanasan maka dijamin ke depannya akan kapok untuk berlari lagi. Padahal olahraga lari termasuk olahraga ekonomis dan tidak menuntut keterampilan khusus, sangat disayangkan kalau kapok untuk menjalankannya lagi. Padahal tidak sulit menemukan sepatu lari yang tepat karena tersedia di semua situs belanja online maupun toko perlengkapan olahraga.

Standar Sepatu Lari yang Ideal

Temukan pilihan yang benar dengan melihat standar dalam menentukan pilihan yang tepat, standar yang dimaksud antara lain:

  1. Ukuran yang benar-benar sesuai dengan kaki,

Sepatu untuk olahraga lari tentunya penting sekali untuk pas di kaki, sebab tidak akan enak berlari dengan sepatu kekecilan atau sebaliknya. Dipakai berjalan saja sudah cukup susah kalau ukurannya tidak pas apalagi kalau berlari. Lebih-lebih untuk berolahraga maka akan meningkatkan resiko kaki cedera.

  1. Memiliki sol yang cukup lunak atau empuk,

Menentukan sepatu running yang ideal dipilih dan digunakan setiap kali menikmati olahraga lari, bisa melirik sol sepatunya. Sol merupakan dasar sepatu yang umumnya terbuat dari bahan karet maupun bahan sintetis lain yang lebih keras. Anda pun bisa menjumpai sepatu yang solnya dari bahan kayu, namun bukanlah pilihan ideal untuk berlari. Sebab sepatu lari yang bagus adalah yang solnya lunak agar kaki tidak mudah sakit saat terbentur dengan tanah.

  1. Bahan sepatu mudah menyerap keringat dan berpori,

Sepatu olahraga tentunya tidak akan dibuat dari bahan kulit, sebab seringnya memakai bahan kain atau bahan yang mudah menyerap keringat. Khusus untuk sepatu lari memang idealnya terbuat dari bahan yang efektif menyerap keringat dan berpori. Pori ini bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara di kaki selama berlari tetap terjaga dengan baik. Sehingga kaki tidak akan terasa licin dan basah kuyup akibat produksi keringat yang meningkat selama berlari.

  1. Sepatu cukup ringan agar tidak memberatkan kaki,

Dalam memilih sepatu lari memang baiknya mencari yang bobotnya ringan, supaya kaki tidak sulit untuk berlari lebih kencang. Sepatu yang terlalu berat akan menambah beban pada kaki dan bukannya semakin enak berlari yang ada malah kaki mudah lelah dan pegal. Manfaat dari olahraga lari pun tidak akan bisa dirasakan karena sebentar-sebentar berhenti, maka jangan sampai salah dalam memilih alas kaki.

Sepatu untuk berlari memang tidak berbeda jauh dengan sepatu untuk kegiatan olahraga lainnya, kecuali untuk sepakbola maupun futsal. Meski mirip dengan sepatu olahraga lain tetap saja ada standar tersendiri yang menentukan sepatu cocok dipakai berlari atau tidak. Kalau bingung baiknya berkonsultasi dengan teman maupun penjaga toko, kalau belanja online chat dulu penjualnya agar mendapatkan bantuan. Intinya asalkan teliti pada saat belanja sepatu running maka besar kemungkinan akan puas dengan pilihan yang didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *