Beragam Manfaat dari Kacamata Renang untuk Para Penggunanya

Memiliki hobi yang termasuk dalam kegiatan berolahraga bisa memberi Anda banyak manfaat. Selain melakukan hobi menjadikan Anda lebih senang, riang dan rileks, dengan berolahraga tentu tubuh akan lebih sehat dan terawat. Salah satu jenis hobi yang termasuk kategori olahraga dengan peminat cukup banyak adalah hobi berenang. Baik di kolam renang, pantai, laut hingga sungai, berenang selalu menjadi hal yang menyenangkan. Akan tetapi karena air bukanlah habitat alami manusia, maka semahir apapun Anda, sebaiknya tetap menggunakan beberapa alat keamanan saat berenang misalnya kacamata renang.

Kacamata untuk berenang di design berbeda dengan kacamata pada umumnya. Jika kacamata biasa, maka akan terdapat rongga terbuka diantara lensa dengan mata, namun untuk kacamata berenang rongga tersebut ditutup oleh material tak tembus air sehingga hanya terdapat udara saja meski perenang sudah masuk ke dalam air. Selain itu kacamata untuk berenang memiliki tali yang gunanya sebagai kunci ketika digunakan sehingga tidak mudah terlepas meski Anda berenang di lautan yang memiliki ombak besar. Lenda yang dipakai pun bukan lensa minus ataupun plus karena tidak digunakan untuk kepentingan membaca seperti kacamata biasa.

Kacamata Renang

Penggunaan kacamata saat berenang sering diabaikan terutama oleh pemula, amatir, atau wisatawan yang hanya ingin bersenang-senang di dalam air. Hal ini dilakukan karena meski tanpa kacamata manusia memang tetap bisa melihat di dalam air dengan cukup baik. Namun tentu saja hal tersebut tidak bertahan lama dan memiliki batas kemampuan karena mata manusia yang tidak di design untuk melihat secara langsung di bawah air terutama jika bersentuhan langsung dengan air. Mata akan menjadi pedih sehingga nantinya mengganggu pemandangan dan membuat penyelam ingin segera menuju daratan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi rinci dari sebuah kacamata renang untuk penggunanya baik para profesional selam, atlet renang maupun Anda yang hanya memiliki hobi berenang saja:

  1. Melindungi mata dari kontak langsung dengan air sehingga mata tidak cepat merah akibat iritasi.
  2. Pada kolam renang biasanya mengandung zat kaporit yang juga bisa mengiritasi mata sehingga sebaiknya menggunakan kacamata untuk mencegah hal tersebut.
  3. Melindungi mata dari benda asing yang bisa saja terdapat di dalam air terutama jika Anda berenang di pantai atau menyelam di laut.
  4. Melindungi mata dari tekanan bawah air.
  5. Melindungi mata dari kuman penyakit.

Namun meski banyak sekali manfaat kacamata untuk berenang, ada kekurangan yang bisa juga disebabkan yang berhubungan dengan karet pengaitnya. Menggunakan karet yang mengikat kencang kacamata dengan kepala bisa mengakibatkan kepala pusing akibat peredaran darah ke otak terganggu. Sebaiknya ketika menggunakan kacamata berenang, Anda mengendurkan atau mengencangkan karet pengait sesuai dengan ukuran kepala sehingga pas dan tidak menimbulkan gangguan berupa rasa pusing.

Berbagai manfaat kacamata renang di atas sangat membantu Anda untuk bisa tetap berada di dalam air tanpa mengalami mata pedih akibat iritasi maupun kontaminasi air. Karenanya jangan lupa untuk selalu membawa dan menggunakan kacamata berenang ketika Anda berenang atau menyelam. Jika Anda belum memilikinya, membeli di toko alat kesehatan maupun di toko online terpercaya bisa dilakukan mengingat banyaknya manfaat dan bahaya kerugian yang bisa ditimbulkan jika Anda lupa menggunakannya. Meski begitu, kacamata juga bisa bocor jika sudah digunakan dalam waktu yang lama terutama karena karetnya yang sudah mengendur. Gantilah kacamata Anda yang bocor dengan yang baru agar tetap mendapatkan manfaat berkacamata di bawah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *