Gamba aids

Gambar HIV AIDS: Kenali Gejala Awal HIV AIDS dan Faktor Resiko Penyebabnya

Kesehatan

HIV AIDS termasuk dalam kategori penyakit yang sampai sekarang ini masih belum ditemukan obatnya. Sering kali mungkin diantara Anda yang melihat gambar HIV AIDS penyakit yang merenggut banyak nyawa di dunia ini bukan. Termasuk diantaranya adalah Indonesia sendiri yang juga masuk sebagai kategori negara dengan jumlah ODHA yang cukup besar. Faktor penyebabnya sendiri sangatlah beragam, mulai diantaranya adalah gaya hidup, dimana mereka yang menggunakan obat-obatan terlarang atau narkoba, terbiasa bergonta-ganti pasangan kerap kali mudah tertular penyakit mematikan tersebut.

Umumnya penyakit yang satu ini diawali oleh infeksi HIV yang kemudian semakin lama akan berkembang menjadi AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome. Penyakit yang satu ini melemahkan kekebalan tubuh dari penderitanya, sehingga membuat orang-orang yang terkena HIV AIDS tersebut mudah terserang berbagai macam jenis penyakit, inilah yang kemudian membuatnya rentan sekali mengalami komplikasi sehingga menyebabkannya meninggal dunia, sehingga harus diwaspadai, penting juga bagi Anda untuk mengenali gejala-gejala awal dari penyakit tersebut. Deteksi dini ini paling tidak membantu pengobatan nantinya berjalan secara lebih optimal.

Berikut ini beberapa gejala HIV yang wajib untuk Anda kenali, yaitu:

  1. Demam, gejala awal semacam ini biasanya dirasakan sebagai bagian dari respon tubuh di dalam melawan infeksi, sehingga suhu tubuh mengalami peningkatan, umumnya demam yang dialami oleh penderita HIV tersebut adalah sekitar 38 derajat Celcius. Umumnya akan disertai dengan beberapa gejala lain seperti diantaranya adalah kelelahan, pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening dan juga sakit pada tenggorokan.
  2. Kelelahan, gejala yang lainnya adalah tubuh mengalami kelelahan hebat, padahal sama sekali tidak melakukan aktivitas yang berat. ini sebenarnya adalah bagian dari respon tubuh terhadap infeksi virus, sehingga membuat tubuh mengalami lesu, letih dan juga mudah sekali lelah. Mirip seperti rasa tidak enak badan yang disebabkan oleh serangan virus flu.
  3. Nyeri yang terjadi pada otot dan juga kelenjar getah bening, seluruh bagian otot nantinya juga akan mengalami nyeri. Selain itu nyeri tersebut juga akan dirasakan pada bagian kelenjar getah bening, biasanya terletak di bagian ketiak, pangkal paha dan juga leher. Karena bisa jadi tubuh juga sudah mulai merasakan infeksi yang disebabkan oleh virus yang lainnya.

Untuk memastikan apakah itu benar-benar infeksi dari virus HIV ataukah tidak tentunya harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Karena jika seandainya dibiarkan secara terus menerus nantinya akan berubah menjadi AIDS, inilah yang paling membahayakan, karena resiko kematian yang mengintai nyatanya juga sangatlah besar. Ada beberapa faktor resiko yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit ini, diantaranya adalah:

  1. Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan orang yang sudah positif terkena penyakit HIV, sehingga nantinya dapat menular kepada partnernya.
  2. Berbagi jarum suntik, khususnya pada mereka yang juga positif terjangkit HIV, penularan semacam ini kerap kali terjadi pada mereka yang memakai obat-obatan terlarang.
  3. Menggunakan tato tubuh di tempat yang tidak steril, sehingga memungkinkan terjadinya penularan virus HIV tersebut dari satu orang ke orang yang lainnya secara cepat dan juga mudah.

Resiko komplikasi karena penyakit ini sangatlah besar, seperti diantaranya adalah menyebabkan kanker, TBC, kandidiasis, sitomegalovirus dan masih banyak lagi diantaranya. Gambar HIV AIDS ini diidentikkan dengan lambang pita merah yang sering kali digunakan untuk memperingati hari AIDS sedunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *