Kalung Berlian

Hati-Hati! Simak Tips Berikut Untuk Kenali Kalung Berlian Asli

Uncategorized

Batu berlian termasuk salah satu jenis batu mulia yang memiliki nilai jual tinggi. Kilaunya yang cantik membuat batu berlian kerap diaplikasi ke dalam berbagi perhiasan, salah satunya adalah kalung. Pemahaman tentang kalung berlian asli sangatlah penting karena banyak oknum nakal yang memalsukan berlian. Berikut tips untuk mengenali kalung berlian yang asli.

Tips Mengenali Kalung Berlian yang Asli

  1. Memiliki Struktur yang Keras

Beberapa orang mungkin memiliki ketertarikan lebih kepada berlian, sehingga hampir setiap perhiasan yang dimiliki menggunakan berlian. Salah satu perhiasan yang menggunakan berlian adalah kalung. Mulai dari model yang simpel dan sederhana hingga model yang mewah dan rumit.

Perlu anda ketahui bahwa berlian adalah batu paling keras di dunia, sehingga membuatnya sangat sulit untuk pecah atau rusak. Hal ini dapat menjadi salah satu indikator untuk mengenali berlian yang digunakan di dalam kalung tersebut asli atau palsu. Karena strukturnya yang keras ini, berlian dapat menggores apa pun, termasuk kaca.

Oleh karena itu, menggores kaca bisa menjadi salah satu cara untuk membuktikan kalung berlian asli atau palsu. Jika anda menggoreskan berlian ke kaca dan berlian tersebut tidak rusak, maka bisa dipastikan bahwa berlian yang anda miliki asli. Jika terjadi sebaliknya, maka berlian tersebut palsu.

  1. Kemampuan Pencerminan yang Buruk

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah meletakkan batu berlian di atas koran atau buku. Jika tulisan yang ada di koran atau tersebut tidak bisa anda baca melalui berlian, maka berlian tersebut asli. Hal ini dikarenakan berlian memiliki kemampuan pencerminan yang buruk, sehingga tulisan apa pun yang dilihat melalui berlian tidak akan terlihat jelas.

  1. Dapat Merefleksikan Cahaya

Berlian yang asli memiliki kemampuan untuk merefleksikan cahaya dari berbagai sisi dan refleksi yang dihasilkan berwarna abu-abu, sehingga tampak sangat berkilau dan indah. Sementara itu, berlian palsu hanya memiliki kilau pada bagian atasnya saja. Pastikan anda memeriksa terlebih dahulu kalung berlian yang anda beli, apakah berlian tersebut berkilau dari segala arah atau tidak.

  1. Tenggelam di dalam Air

Berlian dari kalung berlian asli memiliki ciri-ciri dapat tenggelam di dalam air. Cara ini dapat anda gunakan untuk membuktikan apakah berlian dari kalung anda asli atau tidak. Jika berlian tersebut mengapung, maka sudah tentu berlian tersebut dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

  1. Tidak Bisa Dipanaskan dan Tidak Bisa Berkabut

Batu berlian yang asli memiliki sifat tidak bisa dipanaskan dan tidak bisa berkabut. Untuk membuktikan sifatnya yang tidak bisa dipanaskan, anda bisa membakarnya dengan api. Setelah itu, sentuh batu berlian tersebut dan rasakan apakah tangan anda terasa panas atau tidak. Berlian yang asli dapat menghilangkan panas dengan cepat, sehingga tangan anda tidak akan merasakan panas.

Selain itu, berlian dari kalung berlian asli juga tidak bisa berkabut. Anda bisa mengetesnya dengan menghembuskan napas ke arah berlian tersebut. Kemudian, amati apakah kabut dari napas anda bertahan lama atau tidak. Jika iya, maka berlian tersebut palsu karena berlian yang asli tidak bisa berkabut, sehingga kabut dari napas anda akan cepat menghilang.

Mengecek keaslian berlian adalah hal wajib yang harus anda lakukan sebelum membeli barang yang menggunakan berlian. Sebab, harga yang harus anda bayar untuk mendapatkan berlian tidaklah murah. Oleh sebab itu, pastikan dengan benar apakah berlian yang anda beli merupakan berlian yang asli atau palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *