Data Center

Mengupas Seluk Beluk Tentang Apa Itu Data Center

Teknologi

Pernah mendengar istilah data center? Apakah Anda sudah benar-benar mengetahui apa itu data center? Secara umum, pusat data atau yang lebih dikenal dengan istilah data center adalah sebuah fasilitas yang dimanfaatkan untuk menempatkan sistem dan komponen-komponen komputer dan server, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Biasanya, pusat data juga berhubungan dengan sistem cadangan catu daya atau power supplu redundan, sistem pengontrol lingkungan, dan sistem yang mampu mengamankan serta mencegah dari berbagai macam bahaya dan bencana.

 

Salah satu fungsi data center adalah sebagai penempatan server untuk database atau website. Di dalam data centre, terdapat ratusan atau ribuan server yang disusun pada rak dan ditata sedemikian rupa. Kabel, pendingin, sistem catu daya, sistem keamanan, dan lain-lain diatur sedetail mungkin. Maka dari itu, hal yang harus diperhatikan di sebuah data center adalah desain dan perencanaan yang matang, dan harus mencakup faktor-faktor berikut ini:

  1. Pusat data harus ditempatkan di lokasi yang aman serta memenuhi syarat bangunan yang sesuai dengan kriteria yang diperlukan.
  2. Dilindungi kestabilannya dengan adanya cadangan untuk sistem catu daya, serta pengatur suhu dan komunikasi data.
  3. Tata kelola standar pusat data yang harus diterapkan.

 

Dalam membangun infrastruktur IT di zaman sekarang, data center menjadi prioritas utama sebagai salah satu persyaratannya. Saat ini, data center sering dilihat sebagai parameter skala bisnis, dan tidak hanya dianggap sebagai fasilitas eksternal yang berfungsi untuk penyimpanan informasi atau model operasi bisnis.

 

Bagi perusahaan dengan skala bisnis yang besar, data center menjadi fungsi vital dalam proses operasinya. Saking vitalnya, setiap ada gangguan pada sistem operasi data center, bisnis bisa mengalami penurunan yang signifikan, apalagi jika bisnis tersebut tidak memiliki cadangan data dan sumber daya yang efisien.

 

Terdiri dari jaringan komputer dan penyimpanan, data center merupakan fasilitas untuk menyimpan, memproses, dan menyebarkan data dalam jumlah besar yang digunakan oleh bisnis atau organisasi. neuCentrIX adalah salah satu data center Indonesia yang memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap dan memiliki kemampuan cepat dalam memproses dan menyimpan data. Itu sebabnya memilih data center yang tepercaya sangatlah penting. Hal tersebut menjadi fokus utama bagi setiap perusahaan sebab sebuah bisnis akan sangat bergantung pada data yang terdapat dalam data center.

 

Dalam infrastruktur IT, data center juga memiliki fungsi sebagai principal repositories yang mencakup segala macam kebutuhan, mulai dari server, router, firewall, serta subsistem penyimpanan, networking switches, hingga pemasangan kabel dan rak untuk mengatur segala peralatan yang berkaitan dengan dukungan IT.

 

Agar data center dapat berfungsi dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Sumber daya listrik

Sebuah data center harus dapat memastikan bahwa sumber daya listriknya tidak bisa terganggu. Pusat data yang baik adalah yang memiliki sistem power supply yang baik pula. Jadi, jika terjadi pemadaman listrik, battery bank pada data center akan memastikan server mampu menyediakan data sampai generator diesel berfungsi. Jaminan inilah yang perlu dipastikan bahwa hampir tidak ada gangguan daya listrik pada data center.

 

  1. Keamanan

Salah satu fitur yang paling krusial yang diperlukan dalam data center adalah keamanan, yang ditunjang dengan akses fisik yang dikontrol sepenuhnya, konfirmasi identitas melalui biometrik dan video-login untuk memantau berbagai aktivitas. Beberapa data center juga menyiapkan fasilitas pendukung keamanan, misalnya dalam bentuk layanan VPN. Kegunaan VPN juga akan meningkatkan fitur keamanan, karena VPN biasanya tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.

 

  1. Sistem pemrosesan dan penyimpanan

Kecepatan data center dalam memproses dan menyimpan data sangatlah penting. Dengan adalah prosesor multicore terbaru di pasaran, kecepatan data center untuk memproses sesuatu dapat ditingkatkan dalam hitungan jam. Selain itu, penyimpanan tambahan pada data centre juga dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Bandwidth

Semakin sebuah bisnis online berkembang, kebutuhan bandwidth pun akan semakin meningkat karena registrasi produk, pemasaran, iklan video, dan lain-lain akan membutuhkan bandwidth yang lengkap. Pusat data dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memenuhi kebutuhan bandwidth yang besar tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *