Pilihan Resep MPASI yang Sehat dan Bergizi untuk Bayi

Keluarga Kesehatan

Bayi membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal. Saat bayi baru lahir penting bagi Anda untuk memberikan ASI eksklusif agar gizi yang dibutuhkan bayi terpenuhi. Setelah usia enam bulan Anda boleh memberikan makanan pendamping ASI agar kebutuhan nutrisinya tetap tercukupi. Oleh karena itu Anda juga harus memikirkan resep MPASI untuk si kecil nanti.

Resep MPASI

Pilihan Menu Makanan Pendamping ASI

Makanan pendamping ASI yang diberikan tentu saja tidak bisa sembarangan makanan. Anda harus memberikan makanan yang sehat dan memiliki nilai gizi. Berikut ini pilihan resep MPASI yang bisa Anda jadikan referensi.

  1. Beras Merah Kombinasi ASI

Makanan pendamping ASI bukan berarti tidak boleh mencampurkannya dengan ASI. Anda bisa mencoba resep beras merah yang dikombinasikan dengan ASI. Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu masak beras merah sampai menjadi bubur. Setelah itu saring dan campurkan dengan ASI yang sudah diperas. Makanan pendamping ASI ini sangat praktis dan tidak ribet untuk membuatnya. Anda juga tidak perlu lagi menambahkan apa pun ke dalamnya.

  1. Bubur Susu

Setelah usia enam bulan, bayi diberikan susu formula yang juga merupakan salah satu  makanan pendamping ASI. Anda bisa membuat bubur yang dicampurkan dengan susu. Bubu susu ini dibuat dengan menggunakan bahan tepung sagu atau tepung kacang hijau sesuai keinginan Anda.

Ambil takarannya sesuai dengan takaran makan bayi Anda. Cara membuatnya masaklah tepung dengan menggunakan air sampai menjadi bubur, setelah itu masukkan ke dalam mangkuk dan tambahkan susu formula yang ingin digunakan. Aduk sampai menjadi rata dan berikan kepada bayi saat sudah tidak panas lagi.

  1. Bubur dari Buah-Buahan

Bayi memang belum memiliki gigi sampai usianya satu tahun ke atas, lantas bukan berarti bayi tidak boleh diberikan buah-buahan. Anda bisa menjadikan buah sebagai resep MPASI yang akan dibuatkan untuk bayi. Buah-buahan dibuat menjadi bubur untuk bayi, Anda bisa menggunakan buah alpukat, pisang, dan pepaya. Ketiga buah ini memiliki teksturnya lembut.

Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu potonglah buah yang ingin digunakan menjadi potongan kecil-kecil. Setelah itu hancurkan dengan menggunakan sendok sesuai dengan kemampuan makan bayi. Setelah dirasa cukup masukkan susu formula atau ASI kedalam buah yang telah dihancurkan. Aduk sampai merata dan berikan kepada bayi Anda secara perlahan-lahan.

  1. Bubur dari Sayur-Sayuran

Resep selanjutnya untuk makanan pendamping ASI bayi yang dapat Anda sajikan yaitu bubur dari sayur-sayuran. Anda bisa memilih sayuran yang memiliki nilai gizi terbaik, seperti brokoli atau wartel. Rebuslah sayuran tersebut menggunakan air sampai teksturnya menjadi lunak. Setelah itu haluskan dengan menggunakan blender.

Setelah selesai Anda bisa mencampurkan susu ke dalam bubur atau pun madu untuk membuat bubur terasa manis. Variasikan jenis sayuran yang digunakan setiap harinya agar bayi Anda tidak merasa bosan dan selera makannya selalu terjaga. Sayur yang direbus usahakan dengan takaran untuk sekali makan agar kesegarannya tetap terjaga.

  1. Tomat

Saat masa pertumbuhan dan perkembangan bayi sangat membutuhkan makanan yang mengandung asam folat. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otaknya. Anda bisa memberikan tomat sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi. Tomat memiliki kandungan asam folat yang dibutuhkan. Cara memberikannya sangatlah mudah, Anda tinggal memasukkan tomat yang sudah dihaluskan ke dalam bubur bayi.

Ada banyak sekali resep MPASI yang bisa Anda berikan kepada bayi secara bergantian setiap harinya agar bayi tidak merasa bosan. Saat pemberian MPASI pastikan makanan tersebut sudah dalam kondisi masak dan tentunya dalam kondisi yang bersih. Berikan MPASI sesuai dengan kebutuhan bayi, jangan dipaksakan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang banyak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *