Tips Belanja Keperluan Bayi Baru Lahir

Keluarga

Keperluan bayi baru lahir pasti beragam sehingga menyiapkannya sebelum HPL adalah cara terbaik agar nantinya Anda bisa fokus persalinan. Bagi yang sudah berpengalaman tidak akan kesulitan menyiapkan berbagai kebutuhan peralatan bayi baru lahir. Namun bagi Anda yang baru mau memiliki anak pertama tentu sedikit bingung harus menyiapkan apa saja.

Peralatan Bayi Baru Lahir

Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir, sebab kini sudah banyak referensi yang bisa dijadikan panduan dalam menyiapkan kebutuhan bayi. Selain itu Anda juga bisa bertanya pada orang tua maupun teman yang lebih berpengalaman.

Memilih Keperluan Bayi Baru Lahir

Membeli perlengkapan bayi memang tidak bisa dilakukan secara asal. Apalagi perlengkapan ini nantinya akan digunakan oleh bayi yang baru lahir. Dari segi usia saja harus benar-benar diperhatikan agar perlengkapan yang dibeli bisa dimanfaatkan secara optimal. Berikut adalah tips membeli keperluan bayi yang dapat Anda jadikan referensi.

  1. Baju Bayi

Banyak sekali model baju bayi yang bisa dibeli dengan model dan motif yang lucu dengan beragam merk dan menarik. Ingat Anda jangan membeli baju karena ada diskon tanpa mempertimbangkan kebutuhan. Tubuh bayi akan cepat besar dan terkadang baju yang baru dibeli oleh Anda akan cepat kekecilan padahal baru digunakan beberapa bulan saja.

Untuk menghindari hal tesebut, cara paling aman adalah membeli beberapa baju dengan ukuran yang pas saat ini digunakan si bayi sesuai usianya. Barang-barang yang dibeli itu pun sebaiknya yang memang kebutuhan dasar bayi, mulai dari baju, celana atau popok, kaus kaki dan sarung tangan.

  1. Popok dan Tempat Ganti Popok

Keperluan bayi baru lahir lainnya adalah popok. Agar praktis dan mudah, Anda bisa membeli popok sekali pakai. Oia, jangan lupa juga untuk membeli tas perlengkapan bayi yang nantinya dimanfaatkan untuk menyimpan semua kebutuhan bayi, termasuk popok. Selain membeli popok, pastikan Anda juga membeli matras yang nantinya digunakan sebagai alas saat mengganti popok bayi.

  1. Perlengkapan menyusui

Saat ini perlengkapan bayi sudah banyak mengalami perkembangan dan semakin canggih. Jika Anda ingin menyusui sudah tidak sulit lagi walaupun harus dilakukan di tempat umum. Anda bisa menggunakan bra khusus menyusui. Selain itu bisa juga memakai baju menyusui dengan bukaan pada kedua sisi payudara Anda. Anda juga dapat memakai apron, berupa kain pendek khusus untuk menyusui yang dapat dililitkan pada leher hingga dapat menutupi payudara dan bayi.

Anda juga dihimbau tidak lupa untuk menggunakan penahan ASI atau yang biasa disebut breast pad pada saat tidak menyusui atau pada saat bepergian. Hal tersebut kegunaannya untuk mencegah ASI keluar dan akan membasahi baju Ibu. Janga lupa juga menyiapkan Pompa ASI dan juga kantung penyimpan ASI untuk dapat mempermudah mengeluarkan dan menyimpan ASI.

  1. Peralatan mandi bayi

Anda mungkin belum memiliki kemampuan yang terampil dalam memandikan bayi, apalagi kulit bayi yang sangat lembut dan akan terasa licin pada saat basah. Supaya aman, Anda perlu menyiapkan keperluan bayi baru lahir lainnya yaitu alat penahan bayi agar dapat mencegah bayi tergelincir dan jatuh.

Selain itu pilihkan peralatan mandi yang sesuai dengan jenis kulit bayi. Mulai dari shampo, sabun, washlap, dan lainnya.

  1. Kosmetika bayi

Selain harus menyiapkan pakaian bayi, perlengkapan ibu menyusui, maupun peralatan mandi, kebutuhan lain yang tidak boleh dilupakan adalah kosmetika bayi. Kosmetika bayi ini bisa berupa bedak bayi, minyak telon, lotion bayi, hingga parfum bayi. Pilihlah yang bahannya aman dan pastikan tidak membuat kulit bayi menjadi iritasi nantinya. Cek komposisi produk yang tertera pada kemasan produknya ya!

Demikianlah beberapa tips yang dapat dijadikan panduan ketika memilih dan membeli keperluan bayi baru lahir. Agar tidak ada yang terlewat, sebaiknya Anda membuat catatan khusus berisi daftar peralatan dan perlengkapan bayi yang harus dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *