Jangan Sampai Salah! Inilah Kiat Memilih Buah Segar Sebagai Bahan Resep Es Buah

Kuliner

Es buah banyak digemari karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Apa lagi jika es buah ini disantap ketika cuaca tengah panas. Lebih dari itu buah-buahan itu sendiri juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah mengapa resep es buah banyak dicari, sebab apabila Anda rajin mengonsumsinya, maka manfaat yang akan didapat pun berlipat.

Resep Es Buah

Buah yang biasa dijadikan isian untuk es buah ini pun bermacam-macam. Jadi Anda bisa menggunakan buah yang memang Anda sukai. Hanya saja usahakan untuk memilih buah-buahan yang masih segar dan kualitasnya baik. Memang, tidak mudah mendapatkan buah segar, apa lagi jika Anda belum tahu cara membedakan buah yang masih segar dan tidak.

Memilih Buah-Buahan Segar

Nah, untuk Anda yang masih bingung membedakan buah segar dan tidak, berikut adalah kiat-kiat yang dapat dilakukan agar tidak salah membeli buah sebagai bahan resep es buah.

  • Anggur

Buah anggur yang kualitasnya masih baik ialah yang teksturnya padat, tidak pucat, tidak mengkerut, dan buahnya masih melekat pada tangkai. Selain itu, pilihlah anggur yang aromanya masih segar dan tidak ada bintik-bintik pada buah anggur.

 

  • Apel

Buah Apel yang sebaiknya dipilih ialah yang warna kulitnya cerah, bersih dan mulus. Usahakan tidak memilih apel yang bagian kulitnya terdapat bintik atau bercaknya. Pastikan pula apel tersebut mempunyai aroma yang wangi.

 

Guna memastikan bahwa apel yang dipilih mengandung banyak air, Anda bisa mengetuk buah apel dengan jari. Jika suaranya nyaring, ini menandakan bahwa buah apel tersebut mempunyai banyak air.

 

  • Jeruk

Menambahkan buah jeruk ke dalam es buah buatan Anda akan membuat es buah semakin segar. Akan tetapi pilihlah jeruk yang bagian kulitnya masih halus dan pori-porinya tampak jelas ya. Memilih jeruk yang aromanya wangi juga dapat dilakukan untuk memastikan bahwa jeruk masih segar.

  • Semangka

Buah yang tak pernah absen menjadi bagian dari resep es buah adalah semangka. Oleh karena itu usahakan memilih buah semangka yang kandungan airnya banyak sehingga menambah kesegarannya.

Sama seperti cara memilih apel tadi, memilih semangka juga bisa dengan diketuk-ketuk menggunakan jari untuk memastikan bahwa semangka mengandung banyak air. Selain itu, pilihlah semangka yang warna kulitnya cerah, bersih, dan garis warnanya jelas.

  • Pepaya

Buah pepaya yang masih segar mempunyai warna yang cenderung orange atau kemerahan. Sementara untuk bagian kulitnya, pilihlah pepaya yang kulitnya masih mulus. Akan tetapi tidak menjadi masalah jika Anda memilih pepaya yang di kulitnya terdapat bintik-bintik gelap. Oia, pastikan aroma pepaya masih harum dan segar ya!

  • Nanas

Tidak terlalu sulit untuk memilih nanas yang masih segar. Umumnya nanas yang layak dijadikan es buah adalah nanas yang sudah matang. Ini ditandai dengan warna yang menguning keemasan dan daunnya masih hijau segar. Aroma yang kuat pada nanas juga menandakan bahwa nanas tersebut kualitasnya bagus.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda terapkan agar tidak salah memilih buah. Memang diperlukan kejelian, sebab kadangkala toko buah tetap menjajakan buah yang sudah tidak segar. Jadi, Anda lah yang harus selektif memilihnya.

Banyak pilihan buah yang bisa dipadukan dengan resep es buah favorit Anda. Untuk mendapatkan manfaat lebih, Anda bisa menggunakan berbagai varian buah-buahan setiap kali membuat es buah.

Hmm, sudah terbayang kan seberapa segarnya es buah buatan Anda kali ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *