Ini Manfaat dan Cara Mencuci Tangan dengan Sabun yang Benar

Kegiatan mencuci tangan merupakan suatu hal yang dianggap sebagian besar orang adalah tindakan yang sepele. Padahal, tanpa mereka sadari kegiatan ini sebenarnya banyak manfaatnya terlebih untuk kesehatan. Namun, tentu saja untuk mendapat manfaatnya, Anda harus melakukannya dengan cara yang benar dan menggunakan sabun.

Mencuci Tangan

Mengapa Harus Cuci Tangan Menggunakan Sabun

Mungkin Anda bertanya, kenapa harus cuci tangan menggunakan sabun padahal sebenarnya dengan air saja sudah cukup. Salah, sebenarnya dengan air saja belum cukup. Memang, tangan Anda akan terlihat bersih ketika mencucinya dengan air saja, namun kuman dan bakteri serta kotoran masih ada di sana.

Kuman, bakteri dan kotoran ini bisa menyebabkan berbagai penyakit pada Anda. Beberapa penyakit yang bisa mengintai karena kesalahan ini adlaah flu, meningitis, hepatitis A dan C, penyakit kulit hingga gangguan usus dan diare. Sangat berbahaya sekali kan kalau cuci tangan sembarangan?

Iritasi mata, infeksi dan trakoma adalah salah satu hal yang bisa disebabkan oleh malas cuci tangan menggunakan sabun. Sebab, biasanya manusia akan refleks mengusap matanya ketika merasa kurang nyaman atau gatal padahal tangannya masih kotor. Inilah yang bisa menyebabkan penyebaran penyakit ini terjadi.

Lalu, diare dan cacingan yang dikarenakan tangan kotor bisa menyerang lebih mudah ketimbang lewat makanan. Sebab, tangan yang kotor rentan terhadap bakteri. Selain itu, tangan yang kotor akibat tidak mencuci tangan dengan benar adalah masuknya telur-telur cacing ke tubuh Anda.

Akibatnya, Anda akan kekurangan nutrisi karena telur cacing tersebut menetas dan menjadi parasit di tubuh Anda. Cacing itu akan terus berkembang biak di dalam tubuh dan membuat Anda jadi kekurangan gizi. Akibatnya bila dibiarkan, akan sangat fatal. Sedangkan gangguan sistem pernapasan yang ditimbulkan karena cuci tangan yang salah juga bisa terjadi.

Sebab, tangan yang kotor juga sering digunakan untuk mengusap saluran pernapasan luar. Jadi, cucilah tangan dengan benar menggunakan sabun setelah selesai beraktivitas. Anda tak akan mengalami berbagai gangguan pernapasan seperti batuk, dahak berlebihan, tenggorokan gatal dan sesak napas serta beragam penyakit pernapasan lainnya.

Bagaimana Cara Cuci Tangan yang Benar?

Tahap cuci tangan yang benar menggunakan sabun adalah Anda harus mulai dengan membasuh tangan dengan air bersih yang mengalir lebih dulu. Setelah itu, gunakan sabun ke telapak tangan Anda secukupnya dan ratakan dengan tangan kanan dan tangan kiri Anda. Setelah itu, posisikan telapak tangan Anda di punggung tangan satunya.

Bagian ini adalah yang paling sering luput jadi perhatian mayoritas banyak orang. selain itu, jangan lupa untuk membasuh bagian sela-sela jari juga. Usap hingga berbusa lalu letakkan punggung jari pada telapang tangan satunya dengan jari saling mengunci untuk sabun yang lebih rata juga dengan memutar jempol tangan ke telapak tangan lainnya.

Kapan saat Anda sebaiknya cuci tangan? Masa yang tepat untuk cuci tangan itu adalah ketika tangan Anda kotor, sebelum menyentuh makanan, setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah membuang ingus, bersih atau batuk. Selain itu, bisa juga setelah Anda menyentuh barang-barang di rumah, menyentuh binatang, dan menjenguk orang sakit.

Benarkan, mencuci tangan menggunakan sabun banyak manfaatnya. Jadi, jangan lagi merasa kalau cuci tangan dengan air saja sudah cukup. Jangan lupa, gunakan sabun cuci yang higienis dan mengandung bahan pelindung terbaik. Seperti Lifebuoy yang diformulasikan khusus untuk bisa membunuh bakteri jahat yang menyebabkan berbagai penyakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *