Penuhi 5 Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas, Sehat Dan Aktif

Banyak yang mengira bahwa perkembangan otak dimulai sejak bayi lahir, padahal kenyataannya proses perkembangan otak sudah dimulai sejak dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan penuh nutrisi otak agar anak cerdas serta terhindar dari cacat fisik.

Usai kelahiran, bayi akan mengalami proses tumbuh kembang yang cukup pesat, mulai dari perkembangan fisik, emosi dan lainnya. Agar anak bisa tumbuh dengan baik, tentunya berbagai faktor yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan perlu diperhatikan seperti asupan gizi, nutrisi, kasih sayang dan berbagai kebutuhan penting lainnya. Pengetahuan akan gizi dan nutrisi apa saja yang diperlukan oleh seorang bayi sangatlah perlu diketahui oleh setiap ibu agar dapat memberikan yang terbaik bagi buah hati. Pastinya, setiap orang tua ingin anaknya tumbuh dengan baik dan sehat. Untuk itu, yuk kenali nutrisi apa saja yang diperlukan oleh bayi dan anak-anak. Nutrisi ini akan sangat penting diberikan setiap hari, jadi jangan sampai salah dalam memberikan asupan pada anak.

Nutirisi Otak Anak Agar Cerdas
Ilustrasi : Gambar Protein Nutrisi Otak Anak Agar Cerdas

1.       Protein

Seperti asal kata dari protein yang berarti “sangat penting”, salah satu nutrisi ini memang sangat penting perannya bagi perkembangan tubuh dan otak. Beberapa manfaat dari protein adalah pembentukan struktur gigi dan rambut, membantu fungsi penglihatan, menangkal serangan infeksi, membantu proses penggumpalan darah serta membuat anak lebih aktif. Protein bisa ditemukan pada berbagai jenis makanan, seperti telur, daging, susu, tahu, tempe dan sebagainya.

2.       Folat

Salah satu nutrisi otak agar anak cerdas ialah folat. Itulah mengapa, saat hamil perlu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung folat, fungsinya tentu saja agar perkembangan otak pada janin sempurna. Folat merupakan sebuah essensial yang sangat diperlukan oleh tubuh. Pada orang biasa, kebutuhan folat sebenarnya tidak terlalu banyak bahkan sudah cukup terpenuhi dengan konsumsi makanan harian yang mengandung folat seperti sayuran hijau, namun kebutuhan folat jadi lebih banyak ketika seorang perempuan hamil yaitu sekitar 600 mcg. Jika ingin anak menjadi cerdas, bisa dengan memenuhi kebutuhan folat setiap hari, caranya dengan memilih jenis makanan kaya akan folat.

3.       Zat Besi

Zat besi dalam darah diperlukan guna pembentukan sel-sel darah merah. Darah akan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh. Kekurangan zat besi dapat berdampak pada tubuh seperti cepat lelah, letih, lesu dan sering mengantuk. Anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan, sangat memerlukan zat besi agar senantiasa sehat, aktif dan energik. Zat besi dapat ditemukan dengan cara mengkonsumsi makanan, baik dari hewani maupun nabati. Beberapa jenis makanan sumber zat besi ialah hati ayam, udang, brokoli, bayam dan kacang merah.

4.       Omega-3

Mendengar kata omega-3, pastinya sudah tidak asing lagi. Asam lemak tak jenuh ini umumnya tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga perlu asupan dari luar lewat jalan makanan yang kita konsumsi. Omega-3 terbagi menjadi 3 jenis yaitu EPA, DHA dan ALA, dimana masing-masing memiliki peran salah satunya DHA sebagai nutrisi otak agar anak cerdas. Omega-3 dapat diperoleh dari makanan seperti buah alpukat, ikan salmon, sarden dan kacang almond.

5.       Kalsium

Untuk menunjang pembentukan tulang dan gigi, peran kalsium sangat dibutuhkan. Namun, perlu diketahui, jika fungsi kalsium dalam tubuh akan menjadi optimal jika didukung oleh nutrisi lainnya seperti vitamin D. Agar kebutuhan kalsium dalam tubuh, terutama pada anak-anak terpenuhi, bisa dengan mengkonsumsi susu, sayuran hijau dan ikan sarden.

Demikian tadi 5 nutrisi otak agar anak cerdas yang perlu dipenuhi setiap harinya, masing-masing memiliki nilai kebutuhan harian yang berbeda-beda. Tugas ibu adalah mengupayakan bagaimana anak bisa mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *