Penyebab dan Cara Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah persoalan yang cukup serius karena menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan. Jika sudah terasa sakit, apapun aktivitasnya akan terganggu. Karenanya, Anda harus mencegahnya. Cara mencegah gigi berlubang harus dipelajari dengan perawatan yang baik. Tak cukup itu saja, hindarilah seluruh penyebab gigi berlubang.

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Penyebab Gigi Berlubang

Rasa sakit yang tak tertahankan akibat gigi berlubang menjadi persoalan serius. Kedengarannya memang remeh, namun efek rasa sakit yang dirasakan setelah kerusakan gigi terjadi justru sangat mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Anda harus mencegahnya, sebelum mengalami rasa sakit yang luar biasa. Lalu, apa sebenarnya penyebabnya?

Kerusakan gigi berupa gigi berlubang memang disebabkan oleh banyak faktor. Kebiasaan yang buruk dengan tidak memerhatikan kesehatan gigi adalah hal yang paling utama menyebabkan gigi bisa berlubang. Tidak menggosok gigi setelah makan adalah hal paling mudah membuat gigi berlubang, terlebih setelah mengonsumsi makanan yang manis.

Persoalan gigi berlubang ini bisa dialami siapapun, di mana anak-anak lebih sering mengalaminya karena lapisan enamel gigi belum matang dan mudah terkikis. Kebiasaan tidak menggosok gigi sebelum tidur juga berpotensi menyebabkan gigi berlubang karena aktivitas bakteri pada mulut.

Aktivitas bakteri di mulut juga dapat membentuk plak, yaitu lapisan tipis lengket yang bercampur sisa makanan. Jika sudah demikian, lapisan gigi akan terkikis dan lama kelamaan bisa berlubang. Mulut kering juga menjadi penyebab berikutnya. Rendahnya kandungan air liur menyebabkan rendahnya pembersihan di area mulut agar tetap bersih dan netral.

Terlepas dari kurangnya perhatian terhadap upaya perawatan gigi tersebut, terdapat kebiasaan buruk yang lebih potensial menyebabkan gigi berlubang. Kebiasaan mengonsumsi alkohol atau merokok berisiko menjadikan gigi berlubang.

Kerusakan lapisan gigi akan terjadi dan seiring berjalannya waktu akan berlubang. Kandungan zat di dalam rokok dan alkohol justru membentuk plak, mengganggu produksi air liur, dan merusak komponen gigi. Karenanya, hindarilah kebiasaan buruk tersebut sebagai salah satu cara mencegah gigi berlubang.

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Semua penyebab gigi berlubang tersebut haruslah Anda ketahui dan pahami agar tidak menimbulkan kerusakan. Pencegahan ini sangat berarti untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat. Gigi yang putih bersih akan berfungsi dengan baik. gangguan seperti rasa sakit, bau mulut, gigi rapuh, tidak akan dialami.

Upaya pencegahan terhadap gigi berlubang yang paling efektif adalah melakukan perawatan dengan menggosok gigi secara rutin dan berkelanjutan. Gunakanlah pasta gigi yang mengandung fluoride agar menguatkan lapisan enamel gigi. Gosoklah gigi setelah makan, bangun tidur, dan sebelum tidur.

Hindarilah kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol dan merokok yang justru berisiko tinggi membentuk lubang pada gigi. Anda juga harus mengurangi kebiasaan mengonsumsi camilan di malam hari agar mengurangi kandungan asam dalam mulut. Menetralisir kadar asam dalam mulut adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi.

Upaya mencegah gigi berlubang juga dapat dioptimalkan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi yang menunjang kesehatan gigi. Salah satu caranya adalah mengonsumsi kalsium, fosfor, serta vitamin (A, C, dan D) yang cukup sesuai yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi gula yang rendah kalori, seperti sukrosa, juga berpengaruh baik untuk kesehatan gigi.

Menjaga kesehatan gigi sangatlah penting. Anda harus mengupayakannya dengan baik. jangan tunggu sampai rasa sakit itu benar-benar menghampiri. Terapkan perawatan gigi secara optimal agar menjamin gigi sehat dan kuat. Cara mencegah gigi berlubang tersebut sangat efektif diterapkan. lakukanlah perawatan secara rutin dan berkelanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *