Sosialisasi Jadwal Pilpres 2019 Serentak

Politik

Pemilihan Umum 2019 sudah di depan mata. Sebentar lagi aspirasi masyarakat didengar oleh negara. Padahal sebelumnya, aspirasi masyarakat hanya sebatas wacana yang tidak didengar langsung oleh pemerintah. Untuk itulah hanya pada saat Pemilu saja pendapat rakyat didengar. Sosialisasi jadwal Pilpres 2019 pun menjadi informasi yang paling penting kini.

Jadwal Pilpres 2019

 

Pesta Demokrasi menjadi sebutan yang paling booming untuk Pemilu. Apalagi untuk tahun 2019 ini, Pemilu Akbar dilakukan. Sebaiknya Pemilu dipilah menjadi dua, yakni Pemilukada dan Pemilu Presiden. Keduanya dilakukan sendiri-sendiri. Namun untuk tahun ini, akan ada 5 surat suara yang kita dapatkan. Benar-benar pesta politik besar-besaran.

Kapan Pilpres 2019 dilaksanakan?

 Adapun untuk jadwal Pilpres 2019 yang selama ini diketahui oleh masyarakat adalah akan digelar pada bulan ke empat, yakni bulan April. Untuk tanggalnya tidak begitu paham. Sejak masuk tahun 2018, aroma Pilpres ini sudah terasa, sehingga sebelum sosialisasi pun masyarakat sudah tahu akan diadakan Pemilu Presiden.

Untuk membuat masyarakat lebih siap dalam pelaksanaan Pemilu, selanjutnya diterbitkannya jadwal Pilpres 2019 secara lengkap. Di dalam jadwal ini, bukan hanya terdiri dari hari pencoblosan saja, melainkan juga jadwal pendaftaran calon presiden sampai dengan pengumuman hasil suara.

Tepat di hari Rabu, 17 April 2019 kegiatan pemungutan suara dilakukan. Masyarakat diharapkan untuk tidak golput dan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan siapa pemimpin Indonesia untuk lima tahun ke depan.

Pendanaan pilpres ini adalah wujud nyata dari pengamalan UUD 1945 dan juga dasar negara Indonesia. Bahwa Indonesia adalah negara demokrasi yang mengutamakan kesejahteraan rakyat dengan memilih wakil rakyat sesuai denagn pilihan. Di mana pemerintahan harus dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Rakyat yang berpendapat kemudian hasilnya dalam bentuk kebijakan yang ditujukan kepada masyarakat sendiri. Untuk itulah persiapan pilpres sudah dimulai sejak berbulan-bulan sebelum hari H.

Di dalam Jadwal Pilpres 2019, kegiatan sudah mulai bulan Juli 2018. Jadwal Pemilu ini diawali dengan pengumuman waktu pendaftaran capres, cawapres, serta para caleg. Semua yang akan maju Pemilu harus mempersiapkan diri.

Setelah ditentukan para capres cawapres dan caleg, masa kampanye pun dimulai tanggal 23 September 2018 sampai dengan awal April. Kegiatan kampanye ini menjadi kegiatan yang sangat penting dalam jadwal Pemilu, karena ini adalah saatnya para capres dan cawapres lebih dekat dengan masyarakat. Sosialisasi profil dan program kerja menjadi tema dalam safari politik yang dilakukan oleh para capres dan cawapres.

Kampanye akan diakhiri sesuai dengan jadwal hari tenang, yakni di tanggal 16 April 2019. Semua kegiatan kampanye harus dihentikan dengan mencabut semua reklame di tepi jalan dan tidak lagi menayangkan kampanye online atau di media elektronik. Para capres cawapres serta para caleg tinggal menunggu hasilnya.

Setelah pelaksanaan pemungutan suara, tanggal 25 April akan menjadi hari bersejarah bagi Indonesia, karena di hari itu akan diumumkan hasil Pemilu 2019.

Untuk waktu dekat, dilansir dari jadwal pemilu Detik.com, Debat Presiden menjadi agenda jadwal yang akan dilakukan. Di mana ada 4 sesi debat presiden yang akan dilakukan, yakni di bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2019. Debat ini masuk dalam agenda Pemilu yang memang telah tertulis di dalam jadwal.

Menyikapi Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan ini, rakyat harus bersiap-siap. Pastikan telah memiliki satu pilihan Paslon capres-cawapres yang akan memimpin Indonesia selama 5 tahun yang akan datang. Tetap ikuti jadwal Pilpres 2019 sesuai dengan aturan yang ada dan Pastikan Pesta Demokrasi berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *