Tips Baterai Awet

Tips Terbaru Agar Baterai Smartphone Tahan Lama!

Tips Baterai Awet

(Sumber gambar: www.apple-nova.ru)

Jika kamu memiliki smartphone yang sama selama lebih dari setahun, tentu kinerja baterai pada perangkat ponselmu itu tidak dapat berjalan semaksimal sebelumnya. Hal ini sangatlah wajar. Bahkan, menurut Nature Communication, jenis baterai lithium yang pada umumnya terpasang pada smartphone akan semakin usang dari waktu ke waktu. Nggak perlu khawatir! Tentu kamu bisa mengganti baterai atau bahkan membeli hp baru. Namun, ada cara lain yang bisa kamu lakukan tanpa perlu mengeluarkan anggaran yang besar. Yuk, simak 7 tips untuk memperpanjang masa pakai baterai kamu!

1. Ubah ke Battery Saver Mode

Kebanyakan dari kita biasanya menggunakan Battery Saver Mode hanya ketika baterai smartphone sudah hampir mati. Misalnya kalau kamu pengguna IOS, pasti sering melihat pop up Low Power Mode ketika baterai smartphone kamu di bawah 20%. Sama halnya dengan Android, kamu bisa mengaktifkan mode ini kapan saja. Nah, sebenarnya hal ini bisa kamu lakukan tidak hanya ketika low-bat saja. Dengan menggunakan Battery Saver Mode setiap saat, ini akan membantu smartphone kamu tidak mudah mati yang pada akhirnya menjadi penyebab utama baterai bocor.

2. Matikan Bluetooth dan Wifi

Perlu dimengerti, penggunaan Bluetooth dan Wifi dapat menghabiskan baterai smartphone kamu dengan cepat. Itu sebabnya, jika sedang tidak digunakan sebaiknya langsung mematikan Wifi dan Bluetooth agar baterai dapat bertahan lebih lama, ya. Ini bisa kamu lakukan dengan masuk ke menu pengaturan atau Setting.

 

3. Charge Sesuai Kebutuhan

Siapa dari kalian yang sering tinggal charge smartphone sampai pagi? Sebaiknya kebiasaan ini segera di rubah, ya! Ingat, charge smartphone kamu hingga penuh tapi jangan berlebihan, ya. Ketika baterai sudah mencapai 95%, berarti smartphone kamu sudah bisa dilepaskan dari charger.

4. Matikan Update App Otomatis

Kebanyakan smartphone sekarang sudah memiliki fitur update aplikasi secara otomatis. Meski sangat membantu kamu untuk selalu up to date, fitur ini memakan baterai yang cukup banyak, lho! Itu sebabnya, selalu matikan fitur update aplikasi secara otomatis pada setting. Caranya mudah kok, guys! Untuk mematikannya di iPhone, buka Setting > iTunes & App Store dan kemudian nonaktifkan Update App secara Otomatis. Di Android, buka Google Play Store dan sentuh ikon menu di sudut kiri atas. Kemudian, tekan Setting> umum> perbarui otomatis aplikasi dan matikan.

5. Nyalakan Airplane Mode

Jika baterai kamu mulai mau habis, pertimbangkan untuk mengaktifkan Airplane Mode yang bisa mematikan banyak fitur termasuk Bluetooth dan Wifi. Ini juga bisa kamu aktifkan ketika kartu kamu sulit mendapatkan signal!

6. Matikan Pengaturan Lokasi

Beberapa aplikasi seperti Facebook dan Google Maps memiliki pengaturan lokasi secara live. Nah, ini dapat membuat baterai smartphone kamu cepat habis, lho! Itu sebabnya, coba perhatikan untuk selalu mematikan pengaturan lokasi live, ya. Jika kamu menggunakan iPhone, caranya adalah dengan membuka Setting > Privacy > Location untuk melihat aplikasi mana yang pengaturan lokasinya aktif. Untuk Android, buka Setting > Keamanan & Lokasi > Lokasi.

7. Matikan Airdrop

Kalau tips ini hanya berlaku untuk IOS atau iPhone. AirDrop pada Apple adalah fitur yang berguna untuk memudahkan sharing foto dan file secara cepat. Terlepas dari manfaatnya, AirDrop juga sangat memakan baterai. Itu sebabnya, jangan lupa untuk selalu menonaktifkan AirDrop, ya. Caranya masuk ke Settings > General > AirDrop.

 

Itu dia 7 tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang masa pakai baterai kamu. Nah, jika mencari smartphone Android dengan baterai awet, pilihan Xiaomi Redmi S2 dapat bertahan hingga 8 jam. Yuk, lihat list harga smartphone murah terpercaya disini !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *